Hijab Polycotton

Apa Itu Bahan Polycotton? Karakteristik, Tekstur, Jenis dan Harganya

Posted on

Bahan Polycotton – Mungkin kamu sudah mengetahui jenis kain yang akan dibahas kali ini, yaitu kain polycotton, atau mungkin saja kamu baru mendengar bahan kain ini.

Bahan kain ini sudah banyak beredar di pasaran, sekarang namanya sudah mulai populer di kalangan perancang busana.

Ada berbagai macam produk busana yang menggunakan bahan kain ini, mulai dari pakaian muslimah seperti gamis, hijab, jilbab, kerudung dan lain-lain.

Ada juga busana dress, rok serta gaun pesta, hal tersebut disebabkan kain ini memiliki karakteristik dan tekstur kain yang berkualitas bagus serta mempunyai tekstur yang lembut dikulit.

Yang memberikan kenyamanan saat di pakai, selain itu ada banyak pilihan warna pastel yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Apa Itu Kain Polycotton?

Bahan Polycotton adalah jenis kain yang pembuatannya menggunakan bahan serat cotton dan serat polyester.

Kain yang hasil dari kombinasi dua serat kain yang nama sebenarnya adalah kain double hycon. Tetapi sekarang ini kain ini dikenal dengan nama kain polycotton.

Kain Polycotton
Kain Polycotton

Polycotton ini sebenarnya ialah merk produk, tetapi di pasaran sekarang menjadi sebuah sebutan untuk nama sebuah kain.

Kain poly cotton ini mempunyai karakter kain yang lembut dan halus, disebabkan campuran dari dua serat kain polyester dan serat kapas.

Baca Juga : Mengenal Jenis dan Karakteristik Bahan Rayon

Maka buat mempermudah penyebutan dari kain ini, nama seratnya digabungkan dari poly untuk polyester dan cotton dari kapas atau katun.

Kain bahan polycotton ini mempunyai kualitas kain yang bagus yang akan memberikan kenyamanan pada orang yang memakainya.

Inilah Karakteristik dan Ciri Bahan Polycotton

Sebagain perbandingan kain poly cotton ini bisa kamu bandingkan dengan jenis kain voal. Walau pun bahan polycotton termasuk mempunyai tekstur kain yang lembut dan halus.

Poly Cotton
Bahan Polycotton

Tetapi kain voal masih terbilang lebih unggul dari kain poly cotton ini karena kelembutan dan kehalusan kainnya masih lebih bagus.

Akan tetapi bilan keuda kain tersebut digunakan untuk membuat pakaian muslimah seperti jilbab.

Maka kain yang lebih cocok adalah kain poly cotton hal tersebut karena kehalusan dan kelembutan kain lebih ideal untuk bahan dasar jilbab, dibandingkan dengan jilbab bahan voal.

Bila digunakan untuk bahan dasar hijab segi empat bahan polycotton lebih cocok untuk model turki yang lebih fokus untuk ikatan leher.

Baca Juga : Mengenal Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Kain Balotelli

Dengan begitu jilbab segi empat bahan polycotton akan terkesan lebih modis, serta bisa digunakan untuk keseharian.

Mungkin kamu bertanya tentang mana yang paling bagus tentang bahan dasar kain, campuran polyester yang lebih banyak atau campuran cotton yang lebih banyak yang kainnya lebih bagus.

Sebelum menjawabnya, kamu harus mengetahui informasi bahwa bahan polyester itu mempunyai efek kepada kain menjadi lebih panas, sebab bahannya terbuat dari serat sintetis.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Bahan Kaian Katun, Serta Karakteristik dan Jenisnya

Oleh sebab itu, kain yang memiliki banyak persentasi serat cotton baik kualitasnya dibandingkan dengan yang banyak persentasinya serat polyester.

Semakin tinggi persentasi serat katun semakin mahal juga harga kain tersebut, karena mempunyai karakteristik dan tekstrur yang membuat nyaman maksimal.

Apa Aja Keunggulan Bahan Polycotton

Bila sudah mengetahui apa saja karakteristik dan ciri-ciri dari bahan polycotton, selanjutnya adalah mengetahui apa saja keunggulan dari kain poly cotton ini.

Kain Poly Cotton

Sebab dengan mengetahui informasi lengkap tentang bahan kain, kamu akan lebih mudah untuk memilih dan menentukan kain mana yang cocok untuk di jadikan bahan dasar busana.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari bahan polycotton yang perlu kamu ketahui.

1. Bahan Polycotton Ini Tidak Panas

Karena kain ini memiliki campuran serat alami cotton menjadikan kain ini memiliki karakteristik kain yang adem, jadi bisa cocok untuk segala cuaca.

Bisa untuk di daerah yang panas atau di daerah yang dingin, akan terasa nyaman saat di pakai bahan kain ini.

Busana dengan bahan polycotton ini sangat cocok untuk para muslimah yang beraktivitas di luar ruangan serta yang membutuhkan banyak bergerak.

Sebab bahan kain yang tidak panas, lembut, tidak menerawang dan sifatnya yang jatuh.

2. Kain Polycotton Ini Teksturnya Jatuh

Salah satu ciri khas dari kain ini adalah sifat kainnya jatuh, bila dibandingkan dengan kain voal, kain ini masih lebih bagus sifat jatuhnya.

Walau pun dari segi lembut dan halus kain voal lebih unggul, tetapi masih ada kelebihan kain poly cotton yaitu mudah untuk dibentuk tekstur kainnya.

3. Bahan Kain Ini Tahan di Rendam

Kain poly cotton ini bila direndam dalam waktu yang lama tidak masalah, tidak akan merusak serat bahan kain.

Hal tersebut disebabkan kain ini ada campuran bahan serat sintetisnya yaitu bahan poliester.

4. Kain Poly Cotton Ini Tidak Mudah Berjamur

Mungkin kamu sudah mengetahui bahan bahan katun itu mudah terkena jamur, tetapi berbeda dengan kain poly cotton yang bahan kainnya sudah ada campuran polyester.

Yang mengakibatkan kain ini lebih tahan terhadap jamur, jadi tidak mudah jamuran.

Hal itu menjadi keunggulan tersendiri untuk bahan kain polycotton.

Inilah Kekurangan Bahan Polycotton

Kamu juga perlu mengetahui kekurangan bahan kain poly cotton ini sebelum membelinya sebagai bahan busana.

Bahan Polycotton

Setidaknya beberapa kekurangan bahan poly cotton ini yang perlu kamu ketahui.

1. Kain Polycotton Ini Mudah Berbau

Disebabkan karakteristik kain ini tidak mudah dalam menyerap keringat, maka keringat akan menempel di permukaan kain, maka bila pakaian yang berhanan poly cotton ini dipakai seharian dan dalam waktu yang lama akan mudah berbau.

Selain itu sirkulasi udara yang tidak bagus dari kain ini menambah cepatnya kain berbauk, karena keringat terperangkap antara kulit dan kain.

2. Bahan Kain Polycotton Memiliki Permukaan Yang Licin

Kain ini mempunyai permukaan yang cukup licin hal tersebut mengakibatkan tidak mudah untuk ditata atau di bentuk.

Misalnya pada bahan dasar pembuatan hijab, bila tidak disetrika ada bagian garis-garis lipatan kain yang tampak sangat jelas.

3. Kain Polycotton Tidak Mudah Menyerap Keringat

Karena pada kain ini terdapat campuran bahan serat sintetis hal tersebut membuat kain ini tidak memiliki daya serap air yang bagus.

Hal itu menyebabkan bila pada cuaca extreme yang mengakibatkan berkelingat berlebih, dan bila di pakai dalam waktu yang lama, akan mudah berbau.

Berapa Harga Bahan Polycotton di Pasaran?

Bila sudah mengetahui tentang keunggulan dari kain poly cotton, sekarang mungkin kamu bertanya berapa harga dari bahan kain ini di pasaran.

Apakah mahal atau terjangkau, untuk harga kain poly cotton yang sudah menjadi produk hijab atau kerudung kisaran harga Rp. 35.000.

Jadi bisa di lihat dengan harga kerudung saja hanya di rate Rp. 35.000 maka jelas kain ini harganya relatif terjangkau.

Kamu bisa coba cek harganya di marketplace untuk kain poly cotton adalah Rp. 15.000 per yard atau 150 cm, untuk bahan polycotton polos.

1. Harga Bahan Polycotton Motif

Untuk harga kain polycotton motif atau abstrak di marketplace kisaran harga per meternya adalah Rp. 22.000

2. Harga Bahan Polycotton Polos

Harga kain polycotton polos di marketplace kisaran harga per meternya adalah Rp. 23.000

Kegunaan Dari Bahan Polycotton

Kain ini sering dipakai untuk bahan dasar pembuatan busana wanita misalnya pakaian gamis, dress, blouse dan jilbab.

Jilbab Polycotton

Sebab banyak wanita muslimah yang menjatuhkan pilihan kepada kain ini untuk menjadi bahan dasar pembuatan busana muslimah sebab kain yang jatuh serta halus.

Dengan menggunakan baju gamis berbahan polycotton ini selain tampil cantik, elagan dan menarik ditambah kenyamanan dan banyak pilihan warna dan motif.

Berikut beberapa busana yang sering menggunakan bahan dasar kain poly cotton ini.

1. Gamis Kain Polycotton

Biasanya para muslimah menginginkan baju gamis yang terlihat simpel dengan tetap menampilkan keindahan dari gamis tersebut.

Baju gamis salah satu pakaian yang menjadi banyak pilihan para muslimah sekarang ini, sebab untuk model nya sudah sangat banyak, tidak seperti dulu yang masih terbatas.

Jaman sekarang ada banyak varian, model gamis yang cantik menarik tetapi masih sesuai dengan kaidah syar’i.

Kain poly cotton yang digunakan sebagai bahan dasar busana muslimah bermacam-macam corak dan warnanya, jadi kamu bisa memilih sesuai dengan warna kesukaan.

Selain itu busana muslimah yang menggunakan bahan ini juga terasa nyaman saat di pakai, kenyamanan ini adalah prioritas utama.

2. Hijab Kain Polycotton

Sejak tahun 2018 ada banyak brand busana muslimah yang bermunculan dengan berbagai model gamis yang di tawarkan.

Dibuat dengan berbagai bahan kain yang berkualitas bagus menjadikannya banyak pilihan untuk memilih busana muslimah.

Selain hijab kain voal yang populer sekarang ini, ada juga hijab bahan polycotton yang mulai dilirik dan mulai populer di pasaran.

Cara Merawat Busana Berbahan Polycotton

Pakaian yang berbahan serat sintetis sudah banyak sekali digunakan dalam keseharian, mulai dari jenis pakaian untuk olahraga, gamis, dan sweater.

detail bahan polycotton

Hal tersebut di sebabkan pakaian dengan bahan serat sintetis lebih murah harganya dibandingkan dengan pakaian berserat alami.

Baca Juga : Mengenal Karakteristik dan Jenis Kain Maxmara

Salah satu bahan kain yang menjadi pilihan salah satunya bahan polycotton, sebab memiliki karakter yang lembut, tidak panas dan sifat kain yang jatuh.

Tapi apakah kamu tahu bagaimana cara untuk merawat pakaian berbahan kain sintetis ini? Seperti bagaimana cara mencuci pakaian kain polycotton yang tepat.

Baca Juga : Mengenal Kain Bahan Wollycrepe Premium Serta Kegunaannya

Biar pakaian polycotton kamu tidak cepat rusak berikut adalah tips bagaimana merawat busana berbahan kain polycotton.

1. Memilih Deterjen

Bahan kain ini memiliki serat kain alami yaitu katun maka pada proses akan mencuci kamu harus memilih deterjen yang cocok dengan serat ini.

Karena sekarang banyak deterjen yang menggunakan bahan yang keras, yang biasanya bila terkena pada tangan akan terasa panas.

Pastikan kain pakaian tidak langsung terkena deterjen terlebih dahulu sebelum di larutkan di air terutama deterjen bubuk.

Disarankan menggunakan deterjen cair untuk bahan kain polycotton.

2. Cuci Secara Manual Menggunakan Tangan

Lebih dianjurkan mencuci busana polycotton dengan cara manual yaitu dengan mengkuceknya dengan tangan.

Jangan menggunakan mesin cuci bila kamu belum mengetahui settingan mode yang pas untuk mencuci pakaian bahan kain ini.

Karena bila kamu menggunkan mesin cuci akan cepat merusak serat kain bila kamu tidak mengetahui cara setting dan cara memilah jenis kain yang dicuci berbarengan.

3. Jemur di Tempat Teduh

Selanjutnya adalah proses penjemuran pakaian, pastikan pakaian kamu tidak terkena sinar matahari langsung.

Hal tersebut akan mengakibatkan warna kain cepat memudar, bahkan bisa sampai serat kain menjadi kaku.

Maka cukup jemur di tempat teduh dan terbuka agar kering dengan cara diangin-anginkan.

4. Setrika Dengan Suhu Sedang

Pada saat akan menyetrikan pastikan suhu setrikaan tidak terlalu panas agar tidak merusak serat kain.

Karena bila terlalu panas akan menimbulkan bercak kecoklatan pada kain, sebab kain polycotton ini mengandung serat sintetis.

5. Simpan di Lemari Menggunakan Gantungan Baju

Saat akan menyimpan pakaian berbahan polycotton ini lebih direkomendasikan menggunakan hanger atau gantungan pakaian.

Agar kain pakaian kamu tidak terlipat dan menimbulkan garis, yang bila mau digunakan kamu harus menyetrikanya lagi.

Demikian ulasan singkat tentang jenis kain poly cotton, semoga informasti tentang karakteristik, ciri-ciri, kelebihan, kekurangan, harga dan juga cara merawat pakaian berbahan polycotton ini bisa bermanfaat.

(Nama Kain)

2 thoughts on “Apa Itu Bahan Polycotton? Karakteristik, Tekstur, Jenis dan Harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *