Bahan Maxmara

Mengetahui Karakteristik Kain Bahan Maxmara Dan Cara Merawatnya

Posted on

Bahan Maxmara – Mungkin banyak sekali orang yang belum mengetahui tentang jenis kain ini, kain ini banyak dicari untuk sekarang ini dan sangat laku keras di pasaran.

Disebabkan tekstur kainnya yang lembut banget, serta adem dan juga sekarang mulai populer, menyaingi ke populeran bahan kain jepang yang sudah duluan terkenal.

Kain ini adalah kain pendatang baru dipasaran, dan langsung disukai orang-orang disebabkan mempunyai karakteristik yang sangat nyaman dan berkualitas.

Kain maxmara ini sangat cocok bila di jadikan bahan dasar pembuatan busana muslimah atau busana pesta, sebab tampilan kain yang terkesan mewah dan elegan.

Apa Itu Kain Bahan Maxmara?

Mungkin banyak yang belum tau kata maxmara dari nama kain ini diambil dari nama rumah mode italian style yang sangat terkenal di dunia, namanya adalah Max Mara.

Kain Maxmara
Kain Maxmara

Kamu bisa belanja kain maxmara langsung dari official store nya di link ini https://world.maxmara.com serta ada banyak juga official storenya diberbagai kota besar dunia termasuk ada di Indonesia.

Kain maxmara adalah kain yang mempunyai ciri khas yaitu berkilau halus dan lembut, serta mirip sekali dengan kain satin jenis satino reberto cavali.

Jenis kain ini termasuk kain satin dengan perbedaan sedikit karakteristik dan merubah brandingnya menjadi kain maxmara, bila di sentuh dan di lihat kain maxmara ini adalah kain jenis satin.

Kain banyak digunakan sebagai bahan dasar busana muslimah, misalnya gamis bahan maxmara. Model baju kain maxmara ini banyak beredar di pasaran karena kualitas dan kenyamanannya.

Karakteristik Dari Kain Bahan Maxmara

Ciri khas dari jenis bahan maxmara adalah pada teksturnya yang halus serta lembut di kulit, hal tersebut akan menyebabkan dingin atau adem bila menempel pada permukaan kulit.

Bahan Kain Maxmara
Bahan Kain Maxmara

Selain itu kain ini juga gramasinya yang tipis tetapi tidak menerawang itulah sebabnya bahan maxmara ini banyak di jadikan bahan baku pembuatan busana muslimah seperti gamis dan jilbab. Kamu bisa cek contoh model gamis bahan maxmara terbaru di marketpace.

Baca Juga : Mengenal Bahan Kain Wollycrepe Premium dan Karakteristiknya

Salah satu karakteristik dari bahan maxmara ini yang menjadikannya kain yang cantik dilihat adalah sebab permukaan kainnya yang berkilau.

Kilauan yang terkesan doff tersebut membuat busana yang menggunakan bahan ini lebih menawan, elegan dan terkesan mewah.

Mengenal Jenis Jenis Kain Maxmara

Ada yang bilang kain ini adalah kain jenis satin, tapi ada juga yang mengatakan bahan kain bahan maxmara ini ialah kain tersendiri.

bahan maxmara motif

Hal ini disebabkan bahan maxmara ini masih ada variannya, berikut adalah 4 jenis kain maxmara.

1. Kain Maxmara Polos

Maxmara polos ini adalah kain yang memiliki tingkatan yang bagus, karena tidak mempunyai corak atau motif.

Berbeda dengan bahan kain maxmara motif atau corak yang lebih dominan adalah pilihan warna dan motif kainnya.

Berbeda dengan kain bahan maxmara polos yang di tonjolkan ialah kualitas dari bahan kainnya.

Kain bahan maxmara polos ini sangat mirip dengan bahan kain satin roberto cavali. Perbedaan yang mencoloknya adalah dari tone warna.

Warna kain maxmara polos lebih buram tidak seperti bahan kain sating yang memiliki warna yang ngejreng dan cerah.

Mungkin kamu pernah dengar tentang kain maxmara silk, maxmara lokal, maxmara premium, maxmara italiano.

Itu hanya berbeda pada penyebutan brandingnya saja, dan juga berbeda pada kualitasnya saja. Hal tersebut disebabkan banyak yang membagi kain ini menjadi banyak varian.

Oleh sebab itu jenis kain maxmara polos ini masih grade A dengan tekstur kain yang flowing, lembut, halus dan adem saat dipakai.

Kain maxmara polos ini lebih di minati oleh masyarakat dibandingkan dengan bahan maxmara motif.

Kamu bisa cek kisaran harga kain maxmara polos per meter di online shop atau marketplace.

Ada banyak pilihan warna kain maxmara polos serta contoh produknya seperti model gamis bahan maxmara polos terbaru atau model baju bahan maxmara polos.

2. Kain Maxmara Midi

Jenis bahan maxmara midi ini adalah kain mirip sekali dengan kain satin,hal tersebut disebabkan karena mempunyai tone yang licin serta mengkilap.

Disertai tekstur serat kain yang tidak terlalu terlihat seperti karakteristik bahan kain katun pada umumnya.

Jenis ini tidak cocok bila digunakan sebagai bahan dasar busana muslimah seperti jilbab sebab kain ini agak gerah sama seperti karakteristik kain maxmara lux.

Tetapi bila digunakan untuk bahan dasar gamis masih cocok sebab kain ini mempunyai ketebalan yang cukup jadi tidak menerawang.

3. Kain Maxmara Lux

Mungkin kamu belum tau bahan maxmara lux seperti apa Karakteristiknya, kain ini adalah bahan paling lembut diantaran jenis kain maxmara lainnya, paling adem serta jatuh.

Oleh sebab itu kain ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan gamis, jilbab dan lainnya.

Serat kain maxmara lux ini terlihat sehingga warna dari jenis kain maxmara lux ini tidak terlalu ngejreng atau mencolok, walau begitu kain ini masih mengkilap dan lebih doff.

Jadi bahan ini bisa dijadikan bahan untuk membuat busana harian karena terlihat lebih soft.

Dan untuk mengetahui kisaran harga kain maxmara lux kamu bisa cek di marketplace atau online shop yang menjual bahan kain.

Pasti berbeda antara harga kain maxmara lux motif dengan yang maxmara polos.

4. Kain Maxmara Galaxy

Bila dibandingkan dengan maxmara lux kain maxmara galaxy ini lebih kaku teksturnya, serta sering digunakan untuk bahan kerudung atau jilbab.

Sebab karena kekakuan kain ini jadi lebih mudah untuk di tata dan di bentuk.

Serat kain maxmara galaxy ini kurang terlihat menjadikan warna kain maxmara galaxy ini lebih glossy bila dibandingkan dengan kain maxmara lux.

5. Kain Maxmara Premium

Bahan maxmara premium ini salah satu kain favorit sebagai bahan dasar pembuatan jilbab atau hijab berkualitas premium.

Tampilah dari bahan kain maxmara premium ini sangat terkesan mewah dan elegan serta berkualitas, pantas saja harga bahan maxmara premium ini lebih mahal.

Ada harga ada kualitas itulah contoh kain maxmara premium ini, dilihat dari karakteristiknya kain ini memiliki detail yang tajam.

Pembuatan kain ini yang menggunakan bahan bahan premium membuat karakteristik kain ini terkesan mewah, bahan dingin dikulit, halus, ringan dan tidak licin.

Tetapi gramasi dari bahan maxmara premium ini terbilang tipis, jadi bila menjadikanya bahan dasar busana muslimah kamu perlu lagi kain pelapis (Furing).

6. Kain Maxmara Lokal

Karakteristik dari kain maxmara lokal ini cukup tebal serta berat, oleh karena itu bila menggunakan bahan kain ini sebagai bahan busana roka atau gamis tidak perlu lagi furing.

Selain kualitasnya yang sudah bagus kain ini juga mempunyai harga yang terjangkau berbeda bila dibandingkan dengan jenis bahan maxmara lainnya, seperti maxmara premium dan maxmara lux.

7. Kain Maxmara Lotus

Kain maxmara lotus ini mempunyai ciri khas yang unik bila di bandingkan dengan bahan maxmara lainnya.

Yaitu jenis bahan maxmara lotus ini mempunyai sifat kaku serta bagian permukaan dalamnya lebih kasar.

Walau pun begitu bahan kain ini memiliki serat kain yang rapat, dan tetap terasa licin.

Karakteristik lainnya adalah bahan kain ini tebal jadi tidak menerawang, dingin dan nyaman saat di pergunakan.

Maka ada banyak busana muslimah seperti gamis, model baju pesta kain maxmara atau gaun pesta bahan maxmara lotus di pasaran.

Busana dengan jenis kain ini tampak terlihat elegan, mewah dan anggun, itu disebabkan tekstur dari kain maxmara lotus yang tidak begitu mengkilap.

8. Kain Maxmara Motif

Kain ini menawarkan banyak pilihan corak dan motif yang menarik dan cantik. Bila dilihat dari kualitasnya bahan kain ini juga berkualitas.

Harga kain maxmara motif per meter ini bisa kamu cek di marketplace atau online shop yang menjual produk bahan kain maxmara motif terbaru.

Harga yang ditawarkan kain ini terjangkau untuk kalangan menengah ke atas, bila dibandingkan dengan jenis kain maxmara premium dan lux cirinya hampir sama.

Tekstur kain ini tidak mudah kusut serta sangat lembut, untuk orang awam akan kesulitan untuk membedakan kain maxmara motif dan kain satin.

Ada banyak produk gamis bahan maxmara motif bunga di pasaran dari brand-brand ternama.

Keunggulan Dari Kain Maxmara

Setiap jenis kain pasti mempunyai keunggulannya masing-masing begitu juga dengan kain maxmara ini.

Memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan jenis kain lainnya, berikut adalah keunggulannya.

1. Kain Ringan Serta Terlihat Jatuh

Beberapa contoh bahan maxmara ini terbilang kain yang ringan dan terlihat jatuh pada saat di pakai.

Tetapi ada beberapa kain jenis ini yang tipis dan menerawang jadi kamu perlu untuk melapisinya dengan furing.

Ada juga jenis maxmara ini yang cukup tebal dan tidak transparan atau menerawang, itu salah satu alasan kenapa dijadikan bahan pembuatan gamis.

2. Kain Terasa Dingin di Kulit

Kain bahan maxmara ini memiliki ciri khas yang tidak gerah saat digunakan dan adem di permukaan kulit.

Oleh karena itu jenis bahan kain maxmara ini sangat di sukai oleh para perempuan yang tinggal di daerah beriklim tropis misalnya Indonesia.

3. Memiliki Tekstur Yang Lembut dan Halus

Pada umumnya jenis bahan maxmara ini bila menyentuh bagian kulit akan terasa adem, lembut dan juga halus. Oleh sebab itu kain ini sering digunakan sebagai bahan busana muslimah.

Karena teksturnya yang tidak gerah, lembut dikulit juga memiliki kualitas kain yang bagus di tambah dengan banyaknya pilihan warna dan motif yang bisa dipilih.

4. Banyak Pilihan Warna dan Corak

Ada banyak sekali pilihan warna dari kain maxmara ini yang bisa kamu pilih sesuai dengan warna kesukaan.

Sebagai bahan dasar pembuatan busana muslimah kamu bisa memilih kain maxmara polos atau kain maxmara motif, bisa juga kamu kombinasikan.

5. Kain Yang Tampak Elegan dan Anggun

Kain ini juga tampak lebih elegan dan anggun saat di pakai, disebabkan kilauan kain yang terkesan doff jadi tidak norak.

Oleh karena itu ada banyak produk busana pesta yang terbuat dari bahan kain maxmara ini di pasaran.

Kekurangan Dari Bahan Maxmara

Sesudah membahas tentang keunggulan dari bahan kain maxmara ini, selanjutnya adalah akan dibahas apa saja kekurangan dari kain ini.

gamis bahan maxmara

Berikut adalah beberapa kekurangan yang ada pada jenis kain maxmara yang perlu kamu ketahui.

1. Kain Ini Membutuhkan Perawatan Lebih

Bila kamu mempunyai produk busana yang berbahan kain maxmara maka kamu perlu mengetahui bahwa cara merawat kain ini perlu secara extra.

Misalnya pada saat mencuci pakaian berbahan kain maxmara ini kamu tidak disarankan untuk mencucinya menggunakan mesin cuci tapi harus menggunakan cara manual atau dengan tangan.

Sebab bila menggunakan mesin cuci akan cepat merusak serat dan tekstur dari kain bahan maxmara ini.

Selanjutnya pada saat proses menyetrika pun harus berhati-hati karena jenis kain bila terlalu panas akan meleleh.

Setrika dengan suhu yang sedang dan jangan terlalu di tekan pada proses setrika, bisa juga di akali dengan melapisi kain lain di permukaan kain maxmaranya.

2. Kain Ini Cukup Sulit Untuk di Jahit

Seperti yang sudah di ulas pada bagian karakteristik kain maxmara, kain ini memiliki ciri yang licin dan halus.

Oleh karena itulah bahan kain maxmara ini cukup sulit dalam proses menjahit, bila tidak berhati-hati akan bisa merusak serat bahan kain maxmara ini.

3. Harga Bahan Maxmara Cukup Mahal

Bila dibandingkan dengan jenis kain lainnya, bahan maxmara ini harganya cukup mahal.

Hal tersebut di sebabkan karena keunggulan dan kualitas yang dimiliki oleh kain maxmara ini.

Kisaran Harga Bahan Kain Maxmara

Di pasaran untuk jenis kain maxmara ini di jual dengan tiga macam cara yaitu per meter, per yard dan per roll. Hal itu termasuk penjualan secara grosir atau pun secara eceran.

kain maxmara premium

Bila kamu lihat di marketplace kamu akan tau kisaran harga kain maxmara ini per 1/2 meternya adalah Rp. 15.000 sampai Rp. 70.000.

Jadi kisaran harga bahan maxmara per meter nya adalah Rp.30.000 sampai dengan Rp. 140.000 per meter.

Ada juga yang harga kain maxmara per 1/2 meternya adalah Rp. 50.000 ke atas. Mungkin kamu bertanya,

Bahan maxmara seperti apa yang harganya semahal itu di pasara, itu merupakan jenis kain maxmara premium.

Jadi harga 1 meter kain maxmara premium sekitar Rp. 100.000 per meter, kenapa mahal karena dilihat dari kualitas bahan kainnya.

Untuk menghindari kekecewaan pada saat membeli kain ini, sebaiknya kamu berbelanja secara langsung agar bisa menyentuh kain yang akan kamu beli.

Bila mau membeli secara online, kamu bisa membelinya dengan ukuran paling kecil untuk cek kualitas kain yang kamu pesan.

Harga kain maxmara per meter ini bisa berbeda-beda di setiap tooko, karena pasti harga akan selalu di pengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Tips Merawat Busana Yang Berbahan Kain Maxmara

Pakaian yang berbahan dasar kain maxmara ini tidak boleh diperlakukan dengan cara sembarangan.

bahan maxmara premium

Misalnya mulai dari poses mencuci, mengeringkan dan menyetrika hingga menyimannya harus menggunakan teknik yang khusus agar pakaian tetap awet dan tahan lama.

Dibawah ini adalah beberapa cara atau tips bagaimana merawat pakaian yang berbahan maxmara.

1. Memisahkan Pakaian Bahan Maxmara Dengan Pakaian Bahan Lain

Sebelum memulai proses mencuci pakaian kamu harus memisahkan pakaian sesuai dengan warna dan jenis kainnya, misalnya pakaian berwarna putih dengan yang bercorak dipisahkan.

Busana yang berbahan kain maxmara dengan bahan jenis lain juga di pisahkan agar lebih mudah dalam proses cuci nya.

Hal tersebut agar membuat pakaian yang berbahan kain maxmara tetap awet tidak rusak disebabkan bergesekan dengan kain yang teksturnya kasar.

2. Mencuci Menggunakan Cara Manual

Bila kamu ingin busana berbahan maxmara lebih tahan lama atau awet kamu harus mencucinya secara manual, tidak menggunakan mesin cuci.

Sebab bila menggunakan msein cuci bisa merusak serat kain maxmara bila kamu tidak mengetahui cara setting mesin cucinya.

Sebelum mencuci bisa kamu rendam dengan deterjen kurang dari 5 menit, supaya warna kain maxmara ini tidak luntur.

Lalu dilanjutkan dengan mengucek kain secara lembut menggunakan tangan, hindari menyikat kain atau menggunakan penggilasan supaya serat kain tidak rusak.

3. Membersihkan Noda Membandel Terlebih Dahulu

Bila pada pakaian terdapat noda yang membandel, pada proses mencuci kamu bisa oleh dengan deterjen cair bagian yang terdapat noda.

Lalu kucek bagian yang bernoda sampai bersih bisa juga dengan menggunakan spon untuk menggosok nodanya.

Setelah mulai hilang kamu bisa lanjut dengan mencuci pakaiannya sampai bersih.

4. Memilih Deterjen Cair Daripada Deterjen Serbuk

Pada proses mencuci pakaian atau busana berbahan kain maxmara ini lebih di rekomendasikan menggunakan deterjen cair dari pada deterjen serbuk.

Disebabkan pada deterjen cair kebanyakan sudah dilengkap dengan bahan pelembut pakaian, jadi sekali cuci sudah lengkap dengan pelembutnya.

5. Menjemur di Tempat Teduh

Pada saat proses menjemur pakaian bahan maxmara di sarankan untuk menjemurnya tidak langsung terkena paparan sinar matahari.

Kamu bisa menjemurnya di tempat teduh dan hanya mengangin-anginkannya saja sebab bila terkena matahari langsung akan menurunkan kualitas dari warna kain.

Serta jangan pula di keringkan menggunakan mesin cuci agar serat kain tetap awet.

Pada saat memeras kain lebih baik tidak terlalu keras agar kain tidak kusut dan tidak rusak.

6. Menyetrika Dengan Suhu Sedang

Untuk jenis kain maxmara kamu bisa menggunakan suhu sedang pada proses menyetrika, biar kain tetap awet dan tahan lama.

Karena ada beberapa bahan maxmara yang tidak perlu untuk disetrika karena jenis kainnya yang tidak mudah kusut.

Setelah dijemur cukup di simpan di lemari dengan cara digantung.

7. Simpan di Tempat Yang Kering

Setelah selesai dirapihkan atau di setrika selanjutnya pakaian bahan maxmara ini disimpan.

Di sarankan untuk metode penyimpanannya dengan cara digantung dengan menggunakan gantungan baju agar lebih mudah bila pakaian mau digunakan.

Pastikan tempat menyimpannya kering dan tidak lembab supaya tidak berjamur.

Perbedaan Kain Maxmara dan Kain Satin

Perbedaan antara maxmara dan satin yang perlu kamu ketahui, setidaknya ada 4 yang paling mendasar seperti.

  • Bila di lihat dari karakteristik kain maxmara yang mempunyai tekstur lembut serta adem saat dipakai, membuatnya cocok sebagai bahan pakaian yang bisa digunakan sehari-hari. Berbeda dengan bahan satin yang lebih sesuai bila dipakai di acara yang bersifat formal.
  • Kain maxmara bisa menjadi bahan pembuatan busana yang tidak memerlukan furing lagi, berbeda dengan kain satin yang biasanya digunakan sebagai pelapis dari kain brokat.
  • Bahan maxmara mempunyai banyak corak dan warna yang bisa di pilih, sedangkan bahan satin lebih banyak di warna polos saja.
  • Pada waktu di pakai, busana berbahan maxmara tidak menempakan lekuk tubuh pemakainya, berbeda dengan bahan satin yang biasanya menampakan lekuk tubuh, sampai bisa terlihat lekuk pakaian dalam yang memakai pakaian bahan satin ini.

Bahan Maxmara ini akan menampakan kesan yang anggun dan elegan bagi orang yang memakainya, tetapi hal itu juga harus ditunjang dengan perawatan busana yang extra.


(Nama Kain)

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *